top of page

3 Alasan Mengapa Batu Alam Membuat Fasad Bangunan Lebih Mewah

Sebagai elemen visual pertama yang dilihat oleh manusia, tampilan luar suatu bangunan memainkan peran yang penting bagi properti mewah. Fasad bangunan yang mewah tak melulu harus besar dan megah. Anda cukup menggunakan material yang tepat untuk membentuk kesan mewah bagi siapapun yang melihat bangunan tersebut.


Penggunaan batu alam pada fasad bangunan bukan merupakan suatu hal yang baru. Berbagai bangunan bersejarah dan gedung-gedung pemerintahan memanfaatkan kemewahan marmer untuk menunjukkan prestise dan kejayaan peradaban kala itu. Kekuatan batu alam masih dapat kita nikmati hingga hari ini, sebab banyak dari bangunan ini masih berdiri tegak dan terlihat indah hingga hari ini.


Batu alam menawarkan sejumlah manfaat yang berbeda dengan bahan lainnya. Simak ulasan lebih lanjut mengenai manfaat batu alam untuk fasad bangunan Anda.


Katedral Florence yang difoto dari bawah, fasad katedral terbuat dari batu marmer

rolf neumann / Unsplash


Cocok Dipadukan dengan Berbagai Desain

Batu alam yang digunakan untuk kebutuhan properti memiliki variasi warna dan pola alami yang cocok untuk dipadukan dengan berbagai jenis gaya desain. Anda tidak akan kesulitas untuk menemukan warna maupun pola yang bisa digunakan untuk fasad bangunan Anda.


Kombinasikan batu alam dengan berbagai jenis materi, warna, dan pola sesuai dengan rancangan desain Anda. Batu marmer abu-abu, misalnya, dapat Anda kombinasikan dengan cat dinding berwarna putih atau hitam, bahkan dengan elemen jendela-jendela besar sekalipun. Anda dapat menciptakan paduan yang kontras maupun monokrom dengan menggunakan batu alam dan bahan lainnya.



Batu Alam dapat Menyerap Panas

Anda tak perlu khawatir batu alam akan rusak di bawah sinar matahari. Batu alam yang terkena sinar matahari secara langsung dapat menyerap panas dengan cepat tanpa berubah warna maupun bentuknya. Kepadatan dari material ini berkontribusi besar terhadap kemampuan batu alam untuk menyerap dan mendistribusikan panas ke bagian lainnya.


Fasad bangunan yang terbuat dari batu alam juga memiliki kemampuan insulasi alami yang baik. Kepadatan batu alami mampu menyerap panas dari luar dan membuat ruang menjadi lebih dingin, atau menjaga kehangatan runangan pada musim dingin. Fasad batu alam juga menawarkan insulasi akustik alami yang dapat mengurangi kebisingan yang masuk dalam ruangan.


Desain Tak Lekang Waktu

Proses pembentukan batu alam membutuhkan waktu ratusan hingga ribuan tahun. Komponen yang membentuk batu alam juga secara alami berasal dari alam, dan bukan buatan manusia. Oleh karena itu, warna, motif, dan tekstur yang dimiliki batu alam memiliki keunikan individual yang tidak dapat diulang pada batuan lain.


Desain alami yang unik ini memiliki daya tarik yang tidak dapat ditemukan pada material lainnya. Meski dengan kemampuan seni yang handal sekalipun, manusia tidak dapat meniru kombinasi pola yang terdapat pada batu alam. Itulah mengapa motif yang terdapat pada batu alam memiliki daya tarik yang tak lekang waktu dan senantiasa terlihat elegan seiring dengan berjalannya waktu.


Gedung dengan dinding yang terbuat dari batu alam

Meski terbuat dari bahan yang kokoh dan tahan lama, perlu diingat bahwa batuan alami masih dapat dipengaruhi oleh perubahan suhu dan cuaca. Jika fasad tidak dipersiapkan dan direkatkan dengan baik, maka struktur dinding di bawahnya dapat runtuh di bawah tekanan lapisan batu alam. Untuk itu, Anda perlu memasang bantalan busa atau lembaran polyethylene di antara tulang beton dan lapisan batu alam.


Pastikan Anda menggunakan batu alam dari distributor terpercaya dengan kualitas baik sehingga fasad bangunan Anda dapat bertahan lebih lama. Hubungi PT Intinusa Selareksa Tbk (www.intinusa.com) untuk informasi lebih lanjut.

Comments


bottom of page