top of page

5 Alasan Marmer Ciptakan Kesan Mewah Pada Desain Interior

Marmer merupakan salah satu bahan yang paling sering ditemukan dalam interior mewah. Polanya yang unik dipadukan dengan warna-warna netral membuat marmer lebih mudah untuk menarik perhatian siapapun yang menginjakkan kaki di ruangan tersebut.


Lantas, apa saja yang membuat marmer menjadi bahan yang membangun kesan mewah pada desain interior? Simak lima alasannya di bawah ini.


Ruang makan dengan dinding dan kabinet yang menggunakan marmer

Interiorart / Freepik


Marmer Sebagai Simbol Keagungan

Banyak peradaban kuno yang memanfaatkan keanggunan motif marmer untuk menggambarkan keagungan atau prestise. Pada peradaban Mesir Kuno, misalnya, lempengan marmer diukir dalam bentuk hewan suci untuk ditempatkan pada sarkofagus raja. Lain halnya dengan peradaban Yunani Kuno yang menggunakan marmer untuk memahat karya seni ikonik seperti Venus de Milo, rumah-rumah mewah, serta fasilitas umum. Menggunakan marmer pada benda-benda tersebut menggambarkan tak hanya kejayaan peradaban yang mampu mendapatkan marmer secara cuma-cuma, melainkan juga keagungan sosok yang menggunakannya.


Eksklusivitas Teknik Pengolahan dan Pemasangan Marmer

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa proses pengolahan dan pemasangan marmer membutuhkan peralatan dan teknik khusus. Tenaga manusia yang melacak, menambang, dan memproses marmer juga memerlukan pengetahuan dan keahlian khusus. Kebutuhan akan tenaga khusus dan ahli inilah yang kemudian membuat marmer menjadi bahan yang eksklusif untuk digunakan pada interior manapun.


Ruang tengah dari sebuah rumah yang menggunakan tangga marmer

Hiba Q. Omar / Pexels


Marmer Ciptakan Identitas Unik Pada Interior

Motif yang tergoreskan di atas slab marmer memiliki keunikan yang tiada duanya. Satu blok yang ditambang belum tentu memiliki motif yang sama dengan blok lainnya. Keunikan ini akan menciptakan sebuah identitas eksklusif dan artistik yang sulit ditiru oleh material lain. Marmer juga memiliki permukaan halus yang mengkilap setelah dipoles dan mampu memantulkan cahaya dengan indah. Inilah yang menambah dimensi kemewahan pada ruang manapun yang menggunakan bahan ini.


Kualitas Marmer yang Tak Lekang Waktu

Banyak karya seni dan bangunan bersejarah yang masih berdiri tegak hari ini. Mereka menjadi bukti nyata bahwa marmer memiliki kekuatan dan daya tahan yang tak lekang waktu. Warna dan motif pada marmer tidak mudah tergerus oleh zaman. Material ini justru dapat mempertahankan keindahannya dengan memolesnya secara berkala dan membersihkannya dari debu secara teratur.


Fleksibilitas dalam Desain

Selain tersedia dalam berbagai warna dan pola, marmer juga cukup fleksibel untuk dipadukan dengan berbagai macam material lainnya. Kombinasi marmer dengan kayu, misalnya, dapat menciptakan interior yang terasa alami dan sejuk. Anda bahkan dapat menggunakan marmer dalam gaya desain minimalis untuk menciptakan aksen unik dalam interior Anda.

Itulah lima alasan mengapa marmer dapat menciptakan kesan “mewah” pada area maupun ruang yang memajangnya. Keindahan yang terpancar dari bahan ini merupakan suatu hal yang tidak terbantahkan. Menggunakan marmer dalam hunian maupun properti Anda dapat meningkatkan nilai jual serta keseluruhan estetika yang terpancar dari interior Anda. Pastikan Anda mendapatkan marmer impor berkualitas baik dari pabrik terpercaya seperti PT Intinusa Selareksa Tbk (www.intinusa.com).

Comments


bottom of page