top of page
Agnes Gianni

Apa itu Batu Granit: Karakteristik serta Manfaatnya untuk Desain Interior

Ruangan yang tertata rapi, dengan tema dan pola warna yang harmonis tentu dapat membuat siapapun menjadi nyaman untuk berlama-lama di situ. Akan tetapi, menciptakan ruangan yang nyaman dan enak dilihat bukanlah suatu hal yang mudah. Anda perlu mempertimbangkan budget Anda, masukan dari klien, bahkan jenis material yang akan digunakan dapat mempengaruhi tampilan akhir dari ruangan Anda. 


Batu granit merupakan material yang diincar oleh banyak orang untuk dijadikan bahan dekoratif maupun fungsional pada desain interior. Material ini disenangi karena ragam motif dan warnanya yang indah serta ketahanannya terhadap panas, air, bahkan penggunaan yang berat sekalipun.


Ingin tahu lebih banyak mengenai batu granit dan apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya pada artikel ini. 


Closeup counter dapur dari batu granit

jruiz1708 / Freepik


Apa Itu Batu Granit?

Dilansir dari Britannica, batu granit merupakan sejenis batuan beku intrusif yang memiliki butiran sedang hingga kasar yang kaya akan kuarsa, feldspar, serta berbagai macam batuan lainnya. Batuan ini terbentuk dari proses pendinginan magma yang kemudian mengkristal hingga padat. Kombinasi dari berbagai macam batuan dengan kepadatan berbeda inilah yang membentuk ragam kombinasi warna serta pola pada batu granit. 


Sejak masa peradaban Yunani, batu granit telah digunakan untuk membangun monumen, katedral, gedung pemerintahan, jalan trotoar, bahkan patung-patung yang menjadi situs wisata internasional. Saat ini, batu granit kerap digunakan pula untuk membentuk berbagai furnitur rumah, fasad bangunan, maupun komponen jalan raya. 

Ketahanan batu granit dapat secara nyata dibuktikan oleh berbagai monumen atau gedung bersejarah yang masih berdiri tegak hingga hari ini. Gunung Rushmore di Amerika Serikat, misalnya, merupakan monumen yang mengabadikan rupa wajah dari empat presiden AS dengan pengaruh signifikan. Gunung ini terbuat dari kumpulan batu granit yang terekspos dan membutuhkan 14 tahun untuk mengukirnya. 



Batu Granit Pada Interior

  • Meja. Baik itu meja makan maupun meja pada ruang rapat, penggunaan batu granit sebagai meja dapat meningkatkan estetika keseluruhan ruangan. Proses pembentukan batu granit yang kompleks membentuk kepadatannya yang tinggi hingga dapat bertahan puluhan tahun lamanya. 


  • Countertop. Proses memasak membutuhkan banyak tempat untuk menyiapkan bahan serta alat-alat yang dipakai. Terutama ketika kita sedang menyiapkan berbagai macam makanan secara bersamaan. Countertop yang terbuat dari batu granit menawarkan keindahan batu alam serta ketahanan yang tidak dapat dengan mudah didapatkan jika menggunakan bahan lainnya. Countertop dari batu granit dapat digunakan untuk ruangan dengan lalu lintas tinggi seperti dapur atau kamar mandi. 


  • Lantai atau Dinding. Manfaatkan corak-corak unik pada batu granit untuk menciptakan titik komplementer pada interior Anda. Baik di seluruh bagian lantai atau dinding, maupun hanya sebagai titik dekorasi yang cantik, dalam sekejap batu granit dapat menyulap interior Anda jadi lebih menawan. Tunjukkan kemilau batu granit dengan memolesnya sehingga ruangan Anda menjadi semakin menawan dan indah. 




3D render dapur dengan granit sebagai countertop

suryaanambelas / Freepik


Jika Anda tertarik untuk menggunakan batu granit dalam interior Anda, pastikan Anda mendapatkan granit berkualitas baik dari produsen terpercaya. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir slab yang Anda pesan akan mudah rusak atau tidak akan bertahan untuk waktu yang lama. Kunjungi pabrik PT Intinusa Selareksa Tbk (www.intinusa.com) dan dapatkan slab granit dengan kualitas terbaik. 


Comentários


bottom of page