top of page

Lantai Marmer: Panduan Lengkap untuk Menjaga Keindahannya

Lantai yang terbuat dari marmer dapat menciptakan suasana elegan dan mewah di dalam ruang manapun. Keindahan alami dan pola unik pada setiap potongan marmer membuatnya sangat diminati dalam dunia desain interior. Batu marmer juga digemari karna memiliki ketahanan yang tidak dapat ditemukan pada bahan lainnya. Dengan sekali pembelian dan pemasangan marmer, Anda dapat menghemat biaya renovasi di masa yang akan datang.


Kendati demikian, masih banyak orang yang takut menggunakan marmer karena takut tidak bisa merawatnya. Padahal, perawatan marmer terbilang mudah untuk dilakukan. Anda tidak perlu melakukan teknik khusus untuk merawatanya, cukup simak panduan di bawah ini!


Lorong putih dengan lantai marmer putih
Max Vakhtbovycn / Pexels
  • Lapisan pelindung atau coating: Tindakan pertama yang perlu dilakukan ketika pertama membeli marmer adalah memberikannya lapisan pelindung atau coating. Lapisan tambahan ini akan memberikan perlindungan terhadap zat-zat yang mungkin bersentuhan dengan permukaan marmer agar tidak mudah terserap oleh pori-pori marmer. Selain itu, coating juga menjaga agar lantai marmer Anda tidak mudah tergores dan pudar warnanya.


  • Membersihkan secara berkala: Layaknya lantai pada umumnya, Anda harus tetap membersihkan lantai dari marmer secara teratur. Anda cukup menyapu dan mengepel permukaan lantai marmer agar terbebas dari debu dan kotoran. Hindari menggunakan kain yang kasar atau pel yang terlalu basah agar tidak merusak lantai marmer Anda.


Pojokan ruangan yang berwarna krem dengan lantai marmer krem
Muhammad Tanvir / Pexels
  • Menggunakan cairan pembersih khusus: Cairan pembersih lantai yang digunakan pada keramik umumnya mengandung asam, amonia, atau bahan abrasif yang dapat merusak marmer Anda. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan cairan pembersih yang lembut seperti sabun pencuci piring atau cairan pembersih khusus lantai marmer untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel.


  • Tidak menunda membersihkan noda: Karena merupakan batuan alam, marmer memiliki pori-pori alami di dalamnya. Jika tidak dilapisi dengan coating, maka pori-pori ini dapat menyerap debu, kotoran, maupun cairan yang ada di atas permukaannya. Segera pel atau lap segala jenis tumpahan di atas lantai marmer agar tidak meninggalkan noda pada marmer. Tumpahan cairan yang bersoda, berwarna, terbuat dari bahan asam, maupun makanan dapat meninggalkan noda yang sulit dibersihkan dari permukaan marmer.


  • Menghindari kerusakan mekanis: Gunakanlah pelindung pada kaki furnitur Anda untuk mencegah goresan pada lantai. Saat memindahkan furnitur, pastikan untuk mengangkat daripada menggesernya untuk meminimalisir kerusakan pada permukaan marmer. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan karpet dan keset sebagai bantalan empuk pelindung lantai.

Itulah beberapa tips merawat dan menjaga keindahan lantai marmer Anda agar tetap berkilauan dan terjaga keindahannya selama bertahun-tahun. Lantai marmer yang terawat baik akan memberikan sentuhan yang mewah hingga puluhan tahun lamanya. Anda juga dapat berkonsultasi dengan ahli perawatan marmer untuk menyegarkan kembali lantai marmer Anda.


Jika Anda tertarik untuk menggunakan batu marmer sebagai bahan utama lantai interior Anda, hubungi PT Intinusa Selareksa Tbk (www.intinusa.com).

Comments


bottom of page