top of page
Agnes Gianni

Marmer dan Keramik: Solusi Interior Sejuk untuk Daerah Tropis


Memadukan marmer dengan keramik bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Keduanya merupakan material berbasis batuan yang dapat menyebabkan bentrok dengan satu sama lain apabila tidak dikombinasikan dengan baik. Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika hendak menggabungkan kedua elemen ini. Simak beberapa alasan mengapa kombinasi ini cocok untuk daerah tropis dan tips menciptakan harmoni dalam ruang menggunakan bahan ini. 


Kamar mandi dengan dinding marmer dan aksen dinding dari keramik

pvproductions / Freepik


Alasan Memakai Marmer dan Keramik dalam Ruang yang Sama

Kombinasi dua bahan ini mungkin terkesan aneh di dalam pikiran kita. Ternyata, memadukan marmer dengan keramik merupakan praktik yang kerap dilakukan oleh arsitek maupun desainer interior. Berikut beberapa alasannya:


  • Sentuhan Alami dalam Ruang. Meski merupakan material buatan manusia, keramik menawarkan pesona bahan alami dalam ruangan manapun. Jika ditambahkan dengan keindahan marmer yang alami, Anda dapat menghasilkan tampilan yang alami dan indah 


  • Penyerap Panas Alami. Baik marmer maupun keramik dapat menyerap panas dengan cepat sehingga meninggalkan rasa dingin di kulit kita saat menyentuhnya. Ketika diletakkan di luar pun, material ini hanya akan terasa hangat ketika disentuh. 


  • Mudah untuk Dibersihkan. Untuk membersihkan kedua material ini, Anda cukup menggunakan peralatan kebersihan yang sudah ada di rumah Anda. Sapu atau lap debu dan kotoran yang berkumpul di atasnya. Pastikan Anda menggunakan cairan pembersih yang lembut sehingga tidak merusak lapisan pelindung pada bahan marmer



Tips Memadukan Marmer dan Keramik

  • Ikuti Prinsip Desain Interior. Ketika hendak memadukan bahan berbasis batuan, ada baiknya Anda tetap memperhatikan prinsip-prinsip desain interior. Prinsip-prinsip tersebut antara lain ada keselarasan, keseimbangan, fokus, ritme, proporsi, kontras, dan pencahayaan. Lakukan mix and match antara pola marmer yang lembut dengan motif keramik yang mencolok, atau sebaliknya. Bahkan, Anda bisa memadukan marmer dan keramik yang lembut dengan kontras furnitur yang mencolok. 


  • Gunakan Keramik Sebagai Aksen. Jika Anda tidak ingin ambil pusing, manfaatkan variasi warna dan motif keramik yang beragam untuk menciptakan aksen dalam ruangan. Jika Anda memilih marmer putih Carrara yang lembut, gunakanlah keramik dengan berwarna warni, berwarna gelap atau berbentuk kotak-kotak yang mencolok. Dengan begitu, kedua material ini dapat dipadukan menjadi satu ragam interior yang harmonis.  


  • Bermain dengan Tekstur. Selain mengeksplorasi berbagai spektrum warna, Anda juga dapat bereksperimen dengan berbagai jenis tekstur yang dengan mudah mencuri perhatian orang. Pilihlah keramik bertekstur unik atau rustic sebagai kontras dari permukaan marmer yang mulus. 


Lorong dengan dinding marmer dan lantai keramik

Erin Hervey / Unsplash


Itulah beberapa alasan mengapa kombinasi marmer dan keramik dapat menciptakan ruang yang harmonis serta beberapa tips untuk memadukannya. Ciptakanlah beberapa jenis tata letak ruang yang bermain dengan ragam warna dan tekstur dari kedua material ini. Pastikan Anda mendapatkan marmer berkualitas tinggi yang tahan lama dan memiliki motif yang elegan untuk mempercantik interior Anda. Hubungi PT Intinusa Selareksa Tbk (www.intinusa.com) untuk informasi lebih lanjut. 


Commentaires


bottom of page