top of page
Agnes Gianni

Tips Memilih Granit untuk Meja dan Countertop Dapur: Kekuatan dan Estetika yang Tahan Lama

Batu granit termasuk salah satu material yang menjadi semakin padat seiring dengan berjalannya waktu. Granit tak hanya terlihat indah saat diaplikasikan pada komponen interior manapun, ia juga mudah untuk dibersihkan dan dirawat. Maka tak heran bila kita seringkali menemukan material ini di area dapur yang memiliki lalu lintas kegiatan yang tinggi. 


Akan tetapi, memilih material yang bagus tidak serta merta membuatnya bersinar. Perencanaan ruang yang matang dapat memaksimalkan fungsionalitas dapur sekaligus membuatnya menjadi lebih indah dari ruang dapur biasa. Simak beberapa tips dari kami yang dapat memaksimalkan penggunaan granit sebagai countertop di dapur Anda. 


dapur dengan countertop yang terbuat dari granit berwarna abu-abu

Francesca Tosolini / Unsplash


Cocokkan Granit dengan Warna Kabinet dan Gaya Desain yang Ada

Sebelum memilih granit, ada baiknya jika Anda memutuskan gaya desain serta warna kabinet yang akan digunakan pada dapur terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menentukan suasana ruangan sebelum menambahkan elemen dengan tekstur dan pola yang berbeda. Anda dapat memadukan granit dan kabinet dengan mencocokkan paduan warna atau memilih elemen yang kontras


Misalnya, kabinet berwarna putih dapat dipadukan dengan granit berwarna abu-abu untuk menciptakan interior dapur monokrom. Atau Anda dapat memadukan kabinet berwarna coklat muda dengan granit berwarna kontras seperti hitam. 


Ketahui Betul Luas Dapur Anda

Pastikan Anda mengetahui betul ukuran luas dapur Anda sebelum menentukan batu granit mana yang cocok untuk digunakan. Dapur berukuran kecil akan terlihat lebih luas jika Anda menggunakan granit berwarna cerah atau granit berwarna gelap dengan pola urat yang tidak mencolok. Sementara itu, dapur berukuran besar akan terlihat lebih indah dengan granit berwarna gelap atau yang memiliki dua warna berbeda dalam satu slabnya. 


Anda juga dapat bereksperimen dengan pola yang terdapat pada granit untuk memaksimalkan keindahan dapur Anda, baik itu pola padat, berbintik, dan pola marmer. Granit berpola padat cocok digunakan untuk dapur kecil. Sebab, pola granit yang terlalu besar atau terlihat sibuk justru akan membuat dapur terasa sempit. Sementara itu, pola berbintik dan marmer akan lebih cocok digunakan dalam dapur berukuran besar. 



Pertimbangkan Pencahayaan Dapur

Jumlah cahaya matahari yang masuk dapur Anda akan mempengaruhi estetika ruangan tersebut. Jika dapur Anda memiliki lokasi strategis dan mendapatkan banyak cahaya matahari, maka granit dengan warna tegas, seperti merah dan hitam, dapat digunakan sebagai bahan countertop. Sebaliknya, dapur dengan minim cahaya matahari sebaiknya menggunakan granit dengan warna dan motif netral


Pertimbangkan juga arah hadap dapur Anda. Ruangan yang menghadap ke utara memiliki pencahayaan yang lebih dinding, sedangkan ruangan yang menghadap ke selatan memiliki pencahayaan yang lebih hangat. Jika Anda dapat memilih tipe granit yang melengkapi pencahayaan alami, niscaya dapur Anda akan memiliki tampilan yang lebih menawan lagi. 


dapur dengan meja makan yang terbuat dari granit warna krem

Curtis Adams / Pexels


Itulah beberapa tips yang dapat kami berikan sebelum Anda memutuskan untuk memilih batu granit sebagai bahan utama dari countertop maupun meja dapur Anda. Konsultasikan kebutuhan Anda dengan tim kami untuk mendapatkan batu granit terbaik untuk dapur Anda. Hubungi PT Intinusa Selareksa Tbk (www.intinusa.com) untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 


Comments


bottom of page